Aceh Besar – Jurusan Kesehatan Lingkungan POLTEKKES ACEH mengadakan kunjungan lapangan(praktek lapangan) ke Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Daroy Aceh Besar. Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mengaplikasikan langsung sebagai bentuk implentasi dari mata kuliah “Fisika Lingkungan dan Kimia Lingkungan’

Kegiatan ini disambut baik oleh Direktur PDAM Tirta Daroy T. H. Novizal Aiyub, SE.Ak yng diwakili oleh Direktur Teknik Lab Kota Banda Aceh Irwandi, ST,MT. Kegiatan kunjungan lapangan/praktek lapangan  ini dilaksanakan selama satu hari pada Tanggal 12 Maret 2020.

Kunjungan mahasiswa jurusan kesehatan lingkungan poltekkes Aceh yang didampingi oleh dosen pengampu matakuliah Fisika Lingkungan DR. Irhamni, ST.,MT yang merupakan staf pengajar dan juga sebagai Ketua Program Studi Teknik Kimia di Fakultas Teknik Universitas Serambi Mekkah dan didampingi oleh Salfauqi, S.Si.,M.Si  yang merupakan dosen kimia Lingkungan ke PDAM di bagian WTP (Water Treatment Plant)  yang berlokasi di Desa Lubok Batee, Ingin Jaya, Aceh Besar, yang memproduksi air bersih dengan kapasitas pengolahan 750 M3/detik yang diarahkan langsung oleh Tarmizi sebagai Kasie Operasional yang didampingi oleh bagian Analisa Laboratorium PDAM bersama ibu Siti Zulhijjah, SE.

            Selama kegiatan berlangsung, mahasiswa belajar dengan cara melihat langsung proses pengolahan air minum di setiap unit pengolahan. Pengenalan unit proses pengolahan dimulai dari bangunan penangkap air (Intake), sumber air baku WTP adalah dari Sungai Krueng Aceh.

Proses penambahan koagulan, pada WTP Lubok Batee koagulan yang digunakan adalah PAC (Poly Aluminium Chloride) yang dosisnya disesuaikan dengan nilai kekeruhan air baku yang masuk ke unit pengolahan. Dari proses flokulasi air akan masuk ke bak Clarifier. Setelah itu air bersih disalurkan ke reservoir untuk didistribusikan kepelanggan yang berada di Kota Banda Aceh.

Kasie Operasional mengatakan, pengolahan air minum yang dilakukan oleh pihak PDAM Tirta Daroy sudah mengikuti perkembangan era revolusi industri 4.0, yaitu dengan menggunakan teknologi sistem monitoring instalasi yang sudah terintegrasi langsung dengan monitor yang diberi nama SCADA (Supervisor Control and Data Acquisition) dan dapat juga dipantau melalui Smarth phone (Hp) dan didukung oleh tenaga kerja yang handal dibidangnya.

Bagian Analisa Laboratorium PDAM, Siti Zulhijjah, S.E., dalam kesempatan itu juga mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi pihak PDAM dan adik-adik mahasiswa dalam menambah pengetahuan mengenai proses penyediaan air minum bagi masyarakat Kota Banda Aceh.

Acara ditutup oleh DR. Irhamni, ST.,MT menyatakan kegiatan kunjungan/Praktek  lapangan ini dapat meningkatkan pengetahuan mahasiswa dalam  Pengolahan  air minum serta mempunyai nilai positif bagi mahasiswa jurusan kesehatan lingkungan POLTEKKES Aceh. Dokumen: Irhamni

Prodi Sanitasi Program Diploma Tiga Jurusan Kesehatan Lingkungan Mengadakan Praktek Pengolahan Air Minum Di PDAM Tirta Daroy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *